Sunday, May 17, 2009

Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair...

Mzm 42

Mazmur ini merupakan sebuah nyanyian pengajaran. Ini adalah hal yang unik. Dalam gereja (Gereja Reformed) kita, kita banyak berbicara mengenai doktrin, mengenai rumusan-rumusan teologis yang dibuat setepat mungkin, namun kita kehilangan atau setidaknya kurang memberikan ruang bagi nyanyian atau puisi yang memberikan suatu pendekatan lain, yaitu pendekatan melalui aspek estetis di dalam pergumulan kerohanian kita. Kita benyak berbicara mengenai pertumbuhan rohani melalui banyak pembelajaran, banyak doktrin dan teori, tentu hal tersebut sangatlah baik; namun ada aspek pendekatan lain ketika kita berbicara mengenai pertumbuhan kerohanian kita, yaitu aspek estetis, dan saat ini kita berbicara mengenai sebuah lagu sebuah puisi. Sebuah syair lagu mungkin tidak memiliki ketepatan seperti yang dimiliki oleh kalimat-kalimat atau proposisi atau rumusan yang dibuat setepat mungkin, namun syair lagu memberikan sebuah nuansa lain yang mungkin tidak bisa didapatkan melalui rumusan pengajaran tertentu. Kita bisa berkata bahwa Tuhan itu baik, Tuhan itu memelihara kita, namun kita akan mendapatkan nuansa yang berbeda ketika kita berkata: “Tuhan adalah gembalaku... sekalipunaku berjalan dalam lembah kekelaman... aku tidak takut kan bahaya...”. Mazmur 42 ini merupakan nyanyian pengajaran bani Korah (dari suku Lewi yang bertugas di bidang puji-pujian). Besar kemungkinan Mazmur 42 ini merupakan bagian dari liturgi sebuah ibadah. Lagu dalam liturgi sebuah ibadah merupakan hal yang sangat penting. Betapa kita sangat meremehkan peranan lagu ini dalam ibadah kita. Martin Luther, sang Reformator memiliki daya dobrak yang begitu besar di dalam lagu-lagunya, bahkan dikatakan bahwa musuh-musuhnya lebih takut kepada lagu-lagunya daripada kepada khotbah-khotbahnya. Kita melihat bahwa lagu memiliki peran yang sangat penting, lagu bisa menggerakkan seseorang. Manusia bisa mendapatkan dorongan bukan hanya melalui pemikiran, namun juga melalui dorongan emosi (dalam hal ini melalui lagu). Sering kali dalam sebuah ibadah kita sangat meremehkan lagu, kita hanya berfokus pada khotbah; kita tidak merasa terlambat keika kita datang ibadah sebelum khotbah, dan kita tidak merasa kurang ketika kita pulang sebelum doa berkat. Ketika kita pulang, kita hanya mengingat isi khotbah (bahkan terkadang khotbahnya pun kita tidak ingat), kita tidak pernah mengingat pokok-pokok doa, bahkan setelah berdoapun terkadang kita sudah lupa doa apa yang baru saja kita doakan, terlebih lagi Firman yang berbicara kepada kita melalui lagu-lagu yang kita nyanyikan; kita sudah mengesampingkan hal itu sama sekali. Ini merupakan sebuah kehilangan yang besar dalam ibadah kita saat ini.

Mazmur ini merupakan nyanyian ratapan, sebuah lagu yang melukiskan hasrat yang mendambakan kehadiran Allah sendiri. Rindu akan Allah bukan merupakan hal yang lazim pada zaman kita saat ini, saya percaya kita perlu bergumul untuk rindu pada kerinduan semacam ini. Kerinduan dan hasrat hati kita sudah ditarik kepada segalam macam hal, kita rindu pada kekayaan, kesehatan, kemakmuran, anak yang pandai dan sehat, rindu pada kemenangan dsb. Namun kita tidak pernah lagi merindukan pribadi Tuhan yang sejati. Ada waktu dalam pergulatan hidup orang percaya, seolah-olah Tuhan seperti absen dan tidak hadir, adakah kita merindukan Dia, ataukah kita rindu hanya kepada gejala keberadaan Allah semata, yaitu kemenangan dan kemakmuran??? Orang Kristen sejati memiliki kerinduan yang dalam akan kehadiran Allah dalam setiap saat kehidupannya. Inilah yang disebut kerohanian Kristen. Pada zaman ini, kita dibanjiri oleh berbagai macam praktek kerohanian/spiritualitas; orang-orang “Barat” yang mulai lelah akan panasnya perputaran dunia modern mulai mencari alternatif lain, mereka mulai merenungkan mengenai makna hidup, mereka mulai mancari praktek-praktek meditasi yang banyak ragamnya, terutama di Asia. Namun kerohanian Kristen bukanlah model “siraman” rohani di waktu kita merasa penat. Hal ini merupakan satu ekstrem yang sangat mereduksi makna kerohanian. Seringkali yang kita sebut rohani adalah sebuah masa dimana kita merasa “hati” kita bergetar, perasaan kita “disentuh” dsb. sesungguhnya ini hanyalah reduksi terhadap pengertian akan kerohanian. Dengan pandangan seperti itu kita akan cenderung senang mendengarkan khotbah yang sepertinya mampu “menyentuh” perasaan (sentimentil/emosional), membaca buku atau artikel atau mendengarkan lagu-lagu yang bernada sentimentil juga; tentu hal itu tidak salah, hal itu adalah bagian dari kehidupan manusia, namun kerohanian bukan sekedar diukur dari “bergetarnya” perasaan. Tidak jarang kita menangis ketika mendengarkan sebuah khotbah,terharu ketika membaca sebuah buku, namun setelah itu kehidupan kita sama saja dan tidak mengalami perubahan apa-apa. Itulah kerohanian “siraman”. Untuk mendapatkan hal demikian kita tidak perlu menjadi Kristen, kita cukup membeli buku “Chicken soup for the Soul”, atau buku-buku meditatif lainnya. Namun kerohanian bukanlah satu momen kita di”siram”, kerohanian kerohanian yang sejati adalah setiap saat kita hidup dan memperhadapkan diri di hadapan Tuhan yang senantiasa hadir.

Selanjutnya kita melihat tekanan yang begitu berat dalam syair Mazmur ini. Pemazmur mengalami tekanan yang begitu berat dari musuh-musuhnya. Kita tidak mengetahui secara pasti tekanan apa yang sedang dihadapi, namun kita melihat bahwa pemazmur begitu tertekan akan cemoohan musuh yang mempertanyakan keberadaan Allah. Pdt. Billy pernah mengatakan bahwa bagi orang percaya, ketidak hadiran Allah adalah tekanan yang sangat besar. Kondisi itulah yang digambarkan dalam Mazmur ini. Dia merasa sangat tertekan, dia merasa gundah gulana ketika orang mempertanyakan keberadaan Allah bagi dirinya. Apakah yang menjadi tekanan dan cemoohan besar dalam diri kita??? Apakah ketika kita kalah, ataukah ketika kita miskin, ataukah ketika anak kita tinggal kelas, ataukah ejekan, ataukah hinaan??? Orang Kristen sejati mengalami tekanan yang besar ketika dia merasa bahwa Allah meninggalkannya. Bukankah seringkali kita terbalik total, kita mudah sekali tersinggung bila kita merasa harga diri kita disentuh, kita mudah marah dan dendam ketika kita merasa kurang dihargai, dianggap sepi, namun kita tidak merasa apa-apa ketika kita berbuat dosa, dan kita berlari meninggalkan Tuhan. Kita persis seperti orang Israel yang tidak sadar ketika Tuhan meninggalkan mereka, mereka tidak sadar akan kebangkrutan rohani mereka, ketika terpukul oleh orang Filistin mereka tidak sadar bahwa Tuhan menghukum mereka, mereka hanya peduli menang atau kalah; kekalahan tidak membuat mereka bartobat, bahkan mereka tidak menyadari Tuhan meninggalkan mereka, secara ironis justru seorang janda (istri Pinehas) yang dengan tepat menafsirkan keadaan mereka yaitu bahwa Tuhan meninggalkan mereka, telah lenyap kemuliaan dari Israel. (1 Sam 4:21-22). Mari kita menyadari dan menghidupi hidup rohani yang benar, yaitu senantiasa memperhadapkan diri dihadapan Allah yang maha hadir, senantiasa mendambakan kehadiran-Nya yang mengoreksi, menegur, dan memberikan kekuatan pada kita. Ketika Musa mengalami tekanan yang begitu hebat, ketika bangsa Israel yang dipercayakan Tuhan untuk dipimpin keluar dari Mesir melakukan dosa yang sangat mengerikan dengan menyembah patung lembu emas dan pada hari itu ada 3000 orang Israel harus mati dibunuh, yang menjadi doa Musa adalah penyertaan dan kehadiran Tuhan. Allah berjanji untuk memberikan malaikat-Nya memimpin, menjadi jaminan bahwa perjalanan tersebut akan sukses, namun Musa menolaknya. Musa meminta satu hal yang paling penting, yaitu kehadiran Allah sendiri, Musa bahkan meminta untuk dapat melihat Allah. Inilah kerinduan umat Allah yang sejati, mendambakan Allah, dan bukan kemenangan, kejayaan, atau keberhasilan, namun Diri Allah sendiri. Demikian yang dialami oleh Elia, ketika mengalami tekanan yang sangat hebat maka dia berlari ke gunung Horeb untuk mencari Allah. Elia tidak ingin dirinya tewas ditangan perempuan kafir, Elia bukan orang yang takut mati, dia sendiri meminta untuk mati kepada Tuhan, namun dia merasa begitu tertekan melihat bangsanya tidak bertobat. Maka dalam depresi rohani yang hebat, dia mencari Tuhan untuk mengadu kepada-Nya.

Pemazmur mendengarkan cemoohan orang yang mempertanyakan kehadiran Allah. Hal ini juga menunjukkan kepada kita bagaimana pemazmur memperhadapkan setiap hidupnya dihadapan Allah. Cemoohan adalah dari musuh, dan hal tersebut menjadi sebuah masalah. Kita mungkin bertanya, mengapa perkataan musuh harus kita dengar??? Kita sering mendengar bahwa kita tidak boleh mencari perkenanan manusia, kita jangan terlalu mendengarkan kata orang, kita tidak boleh berusaha untuk menyenangkan orang, kita harus menyenangkan Tuhan. Tentu ada kebenaran dalam perkataan-perkataan tersebut. Namun disisi yang lain kita juga harus mengingat bahwa Tuhan juga memakai orang lain untuk berbicara kepada kita. Ada kecenderungan dalam diri kita bahwa kita tidak suka untuk mendengarkan orang berbicara kepada kita, terutama hal yang tidak menyenangkan diri kita. Untuk membuat diri kita terlihat saleh, terkadang kita suka memberikan kritik pada diri sendiri, dan pada umumnya kita mendapatkan jawaban yang menghibur dari teman bicara kita. Kita berkata: “saya ini memang lemah, saya berdosa, terkadang saya emosi”, lalu teman bicara kita berkata: “ah tidak, semua orang itu punya kelemahan, kamu baik kok”, sering kali kita sudah tau tipe-tipe jawaban basa basi yang akan kita dengar dari teman bicara kita, dan kita senang dengan hal itu. Namun mungkin akan sangat lain ceritanya ketika teman bicara kita menjawab demikian :”memang benar, kamu memang menyebalkan, emosimu memang meledak-ledak, saya tidak tahu ada masalah apa denganmu mengapa kamu bisa serusak ini...” mungkin kita akan langsung marah karena kita tidak mendapatkan jawaban seperti yang kita mau. Kita tidak suka mendengarkan orang lain. Kita melihat sebuah keanehan yang sangat mengherankan; ketika kita bertanya:”menurutmu bagaimana saya ini???sebenarnya kita hanya mau mendengarkan apa yang kita mau, kita bukan benar-benar ingin mendapatkan jawaban yang jujur, kita hanya ingin mendengarkan diri kita sendiri ketika kita meminta orang lain untuk berbicara tentang diri kita, dengan kata lain kita ingin mendengarkan pendapat diri kita sendiri melalui mulut dan suara orang lain. Dengan cara sedemikian sesungguhnya kita tidak menghargai karya Tuhan di dalam diri orang lain. Daud tidak berani membunuh Simei ketika dia dikutuki olehnya karena dia berpikir bahwa mungkin Tuhan yang menyuruh Simei untuk mengutukinya, memang akhirnya terbukti bahwa Simei bukan disuruh Tuhan, namun kita belajar bahwa Daud melihat bahwa Tuhan bisa bekerja melalui siapa saja. Kita perlu untuk belajar keluasan hati, melihat karya Allah yang maha agung dan dahsyat bahkan di dalam diri orang yang mungkin kita sangat tidak suka.

Ay 5. Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan. Ayat ini sangat menarik, kita melihat bahwa ketika mengalami depresi spiritual yang dalam, maka tempat pelarian yang memberikan ketenangan adalah dalam kumpulan jemaat. Rumah Allah, tempat orang mengadakan perayaan, disanalah sejatinya tempat orang beriman lari dan akan berria-ria dalam penghiburan dan nyanyian sorak sorai. Betapa kita sudah sangat kehilangan bagian ini dalam kehidupan bergereja kita. Adakah diantara kita yang ketika mengalami tekanan yang hebat maka kita sangat merindukan untuk berlari kedalam kumpulan jemaat (dalam konteks kita, ibadah raya kita di hari Minggu), apakah kumpulan tubuh Kristus ini sudah menjadi tempat dimana kita bisa mencurahkan pergumulan kita yang dahsyat dan kita mendapatkan kekuatan darinya. Ataukah sebaliknya ibadah kita dipenuhi dengan tatapan sinis, terutama bagi orang-orang yang sudah terkenal “menyebalkan”. Kita lebih sering mendengar cerita bahwa seorang pindah gereja karena sakit hati dengan sesama saudaranya di dalam gereja ketimbang bahwa seorang yang mengalami sakit hati dan depresi hebat mendapatkan penghiburan dan dikuatkan dalam ibadah raya, serta dorongan dan kekuatan dari rekan gereja. Bila ada orang yang berbuat dosa besar dan dikenakan disiplin gereja, sangat mungkin dia akan pindah gereja, bukan karena bertobat tapi karena sakit hati. Ketika ada seorang yang berbuat kesalahan digereja (mis mencuri, atau berselingkuh) lalu dia mulai undur dan tidak datang lagi ke ibadah hari Minggu lalu orang bertanya dan dia menjawab: saya sudah berdosa dan sangat tidak layak,apakah Tuhan mau menerima saya yang begitu kotor ini... belum tentu hal tersebut merupakan ekspresi remuk hati akan dosa yang membuatnya sedih, dan kita bisa berkata bahwa hal itu semata-mata adalah ekspresi yang keliru. Dalam Alkitab kita menjumpai orang yang remuk hati dan sadar dosa akan berlari dengan jiwa luluh lantak yang dibasahi oleh air mata penyesalan sembari berteriak memelas: Tuhan belas kasihan-Mu kiranya menghampiriku orang berdosa ini... (mis: Daud, pemungut cukai Luk 18:13). Ucapan-ucapan untuk mengelak datang beribadah mungkin hanyalah bentuk pelarian dimana memang dia sudah malas datang, dia tidak tahan menanggung malu, dan bahkan terkadang orang sedemikian bisa pindah gereja dan menjabat sebagai majelis, benar-benar tidak berkaitan dengan pertobatan melainkan melulu luapan sakit hati terhadap rekan sesama gereja. Berapa banyak diantara kita yang setelah pulang dari ibadah bisa mendapatkan penghiburan dan kekuatan, mendapatkan kedamaian dan sukacita yang sejati??? Mungkin sangat jarang, yang ada adalah kita menjalankan “kewajiban” kita beribadah di hari Minggu, ketika pulang, kita merasa senang karena khotbah yang membosankan sudah usai, dan waktu untuk berlibur telah tiba. Kita kehilangan sukacita, kedamaian, kekuatan, teguran, cinta dalam ibadah kita. Sebaliknya tempat pelarian kita bukanlah kepada Allah di dalam kumpulan jemaat-Nya, namun mungkin tempat hiburan, game, pacar, atau bahkan rokok atau narkoba atau hal lain yang bisa kita tambahkan sendiri dalam daftar ini.

Selanjutnya apakah yang dilakukan ketika tekanan menghampiri??? Pemazmur mengajar dirinya sendiri untuk berharap kepada Allah. Di satu sisi dia melihat bahwa tekanan yang dihadapi sangatlah dahsyat, namun ketika dia berharap kepada Allah, dia bisa bertanya kepada jiwanya mengapa dia tertekan. Ini merupakan hal yang sangat unik, ketika tekanan datang, musuh mempertanyakan dimana Allah, ini sebuah kondisi yang begitu memilukan. Namun ketika berharap kepada Allah, kita justru bertanya, mengapa jiwa harus tertekan??? Kepercayaan yang benar akan menjadi kokoh ketika kita tahu kemana kita menggantungkannya, yaitu hanya kepada Allah. Pengharapan kepada Allah menghasilkan ketenangan. Samudera raya, air terjun, gelora gelombang yang dahsyat (ay. 8) sering diidentikkan dengan kuasa besar atau kuasa setan yang tidak terkontrol, namun sungguh unik bahwa Mazmur ini menggabungkan langsung gelora dahsyat tersebut dengan cinta kasih Tuhan yang melingkupi (ay. 9). Ketika apa yang terlihat di depan mata kita seolah sungguh sedang menghimpit kita, kita tetap percaya bahwa segala hal tersebut tidak lepas dari kontrol Tuhan yang mengasihi kita. Prof Peter Lillback mengatakan dalam khotbahnya mengenai Mzm 139 bahwa ketika kondisi yang berat begitu menekan kita, ketika seolah seperti Daniel kita diperhadapkan dengan banyak singa di dalam goa singa, kita harus ingat bahwa singa yang sejati di dalam goa singa itu adalah sang Singa dari Yahuda (Kristus Yesus sendiri). The Lion in the lion's den is the Lion of Judah. Apakah yang akan kita katakan kepada jiwa kita, apakah seperti orang kaya yang bodoh kita menaruh bahagia kita kepada kekayaan dan berkata: “Jiwaku, ada padamu banyak barang, ... bersenang-senanglah!” (Luk 12:19) ataukah kita menaruh segala percaya kita hanya kepada Allah??? Mari kita melantunkan nyanyian iman:”Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

biarlah jiwa kita bersenandung...

Untuk pemimpin biduan. Nyanyian pengajaran bani Korah.
Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.
Jiwaku haus kepada Allah, kepada Allah yang hidup. Bilakah aku boleh datang melihat Allah? Air mataku menjadi makananku siang dan malam, karena sepanjang hari orang berkata kepadaku: "Di mana Allahmu?"
Inilah yang hendak kuingat, sementara jiwaku gundah-gulana; bagaimana aku berjalan maju dalam kepadatan manusia, mendahului mereka melangkah ke rumah Allah dengan suara sorak-sorai dan nyanyian syukur, dalam keramaian orang-orang yang mengadakan perayaan.
Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!
Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu dari tanah sungai Yordan dan pegunungan Hermon, dari gunung Mizar.
Samudera raya berpanggil-panggilan dengan deru air terjun-Mu; segala gelora dan gelombang-Mu bergulung melingkupi aku.
TUHAN memerintahkan kasih setia-Nya pada siang hari, dan pada malam hari aku menyanyikan nyanyian, suatu doa kepada Allah kehidupanku.
Aku berkata kepada Allah, gunung batuku: "Mengapa Engkau melupakan aku? Mengapa aku harus hidup berkabung di bawah impitan musuh?"
Seperti tikaman maut ke dalam tulangku lawanku mencela aku, sambil berkata kepadaku sepanjang hari: "Di mana Allahmu?"
Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan mengapa engkau gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

from Bintaro with love...
GOD be Praised!!!

No comments:

Post a Comment